• Breaking News

    Misteri Dan Sejarah Golok Ciomas

    Galih Gumelar - Golok yang terkenal dan dikagumi oleh warga Banten ini adalah Golok Ciomas.

    Ciomas, sebuah Kecamatan di Provinsi Banten yang berjarak sekitar 20 km selatan Kota Serang, dikenal memiliki tradisi pembuatan golok yang merupakan budaya dan warisan religi masa silam yang masih terjaga kelestariannya hingga kini . 

    Golok dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, diartikan sebagai benda sejenis parang, atau sejenis pedang yang berukuran pendek. Untuk benda semacam itu, di daerah Banten dikenal dua nama yakni golok dan bedog. Secara fisik keduanya sama dan sebangun, namun memiliki pengertian dan fungsi yang berbeda. 

    Bedog adalah peralatan yangpenting dalam keperluan sehari - hari seperti untuk memangkas pohon, menebang bambu, keperluan dapur dan lain-lain. Ada juga sejenis bedog yang bentuknya agak berbeda dengan bedog atau golok dimana bagian ujungnya melengkung ke bawah dandisebut congkrang atau arit. Fungsinya lebih banyak digunakan untuk menyabit rumput atau keperluan di kebun lainnya. Sedangkan golok, umumnya difungsikan sebagai senjatayang dipakai untuk membela diri atau untuk keperluan darurat. Para pendekar di daerah banten dan sekitarnya dikenal sebagai jawara, biasanya memiliki senjata utama berupa golok, begitu juga dengan masyarakat daerah Ciomas yang mempunyai golok yang terkenal yang disebut Golok Ciomas. Bagi masyarakat Ciomas, golok adalah murid dan tempaan adalah gurunya.

    Golok Ciomas

    Golok Ciomas
    Popularitas Golok Ciomas muncul karena banyak hal, terkenal karena keistimewaannya dari segi fungsi dengan ketajamannya yang luar biasa. Konon, karena dibuat secara khusus, kulit yang terluka oleh Golok Ciomas sedikit saja sukar sembuh bahkan dapat membusuk dan menyebabkan kematian. Seolah golok itu memiliki racun yang maha dahsyat hasil karya seorang empu yang sakti. 

    Selain itu Golok Ciomas juga diyakini memiliki nilai mistis dimana proses pembuatannya di masa silam melalui tahap - tahap ritual yang hingga sekarang masih terus terjaga sama halnya dengan keris di Jawa. Banyak yang mempercayai bahwa Golok Ciomas sangat ampuh untuk "menaklukkan" musuh, yang pengertiannya adalah musuh bisa "ditaklukkan" tanpa harus mengeluarkan golok dari sarangka-nya dan keyakinan itu berkembang luas di masyarakat, adapun kebenarannya, hanya Allah yang tahu.

    Golok Ciomas adalah salah satu jenis senjata khas Banten, yang hingga kini proses pembuatannya masih dilakukan secara turun temurun. Golok Ciomas dibuat atau ditempa dengan besi sakti berupa palu atau godam. Godam sakti itu dijuluki dengan nama si Denok. Bentuk si Denok sendiri, sepintas biasa saja yaitu palu seukuran kepalan tangan dengan gagang kayu, namun nama si Denok identik dengan seorang perempuan dan nama si Denok sendiri berdasarkan dari cerita rakyat.

    Godam inilah yang sudah ratusan tahun secara turun temurun digunakan dalam membuat Golok Ciomas hingga hari ini. Godam si Denok dipegang oleh Jamsari 85 tahun keturunan dari Ki Cengkuk. Jamsari adalah seorang petani biasa yang tidak melakukan pande besi membuat golok. Ia hanya memegang palu atau godam saja dan meminjamkannya kepada siapa saja yang membutuhkannya. Ki cengkuk sendiri diyakini oleh masyarakat Ciomas sebagai pemilik godam tersebut. 

    Asal mula kicengkuk memiliki godam tersebut dansiapa ki cengkuk itu menjadi cerita rakyat yang berkembang hingga kini. Adapun kebenaran cerita rakyat itu sekali lagi, Wallahualam Bishawab. Godam si Denok ini sepenuhnya telah menjadi "hak milik" warga Ciomas.

    Golok Ciomas mempunyai model yang beragam dan tidak ada yang sama persis. Masing - masing memiliki perbedaan dan keunikan sendiri - sendiri, sesuai pesanan pemiliknya. Ada jenis kembang kacang, mamancungan, candung, dan salam nunggal. Ukurannya ada yang kecil, pas di-soren di pinggang, ada pula yang panjang mendekati ukuran pedang. Di dalam hikayatnya, Golok Ciomas bisa dilipat, bisa sangat tipis seperti seng dan aneka bentuk lainnya. Golok Ciomas generasi pertama yang konon dibuat langsung oleh pemiliknya (Ki Cengkuk) dinamakan si Rebo. Golok sepanjang 1 m itu memiliki bentuk khas dan terlihat bekas pautan tangan. Si rebo sampai kini masih disimpan oleh masyarakat Ciomas.

    Golok merupakan salah satu senjata khas dari Banten, khususnya di daerah Ciomas, Pandegelang, dan Baduy, Rangkasbitung. Golok ini sangat terkenal karena ketajamannya.

    Salah seorang yang suka mengumpulkan golok khas Banten ini adalah Astari. Menurut Astari yang tinggal di komplek Masjid Agung Banten, Kasemen, Banten, golok Ciomas terkenal, karena keseimbangan bentuk, ketajaman dan kehalusan penempaan, dan tanpa hiasan huruf–huruf Arab, yang biasanya mewarnai senjata tajam keramat.

    "Di luar bentuk fisiknya, golok Ciomas terkenal dengan kekuatan mistis dan racun yang terkandung dalam besi inti," kata Astari, ketika ditemui di rumahnya belum lama ini.

    Golok yang biasa dipakai jawara ini biasanya memiliki bilah ramping antara 2-2,5 centimeter panjang antara 30-40 cm ketebalan lima milimeter, keseimbangan yang baik, sehingga bila menyalurkan tenaga bisa langsung di ujung. Gagangnya berbentuk bulat terbuat dari tanduk kerbau, kadang berbentuk kepala binatang.

    Dia menjelaskan, golok ini tidak boleh digunakan keperluan sehari–hari seperti memotong dan menebang tanaman, memotong hewan, atau keperluan dapur. Sebab diyakini, racun dalam golok akan menyebar dan akan menyebabkan kematian.

    "Bahkan, kekuatan mistisnya diyakini dapat menyengsarakan keluarga yang menyalahgunakan golok ini," ujarnya.

    Pertunjukan debus di Banten, seperti atraksi memotong lidah, tangan, kaki, atau membacok anggota tubuhnya banyak yang menggunakan golok ini sebagai tolok ukur. Jika golok jenis ini tidak mempan di tubuh orang, hampir bisa dipastikan kekebalan serupa akan terjadi seandainya dihantam dengan golok.

    Sejarah dan Miteri Lainnya
    Golok Ciomas sudah identik dengan warga Banten yang terkenal dengan mistisnya dan mempunyai keistimewaan dibandingkan dengan golok-golok dari daerah lain.

    Cerita mengenai keistimewaan Golok Ciomas pun terdengar hingga sekarang mulai dari bisa berdiri tegaknya golok tersebut jika diberdirikan hingga kisah mistis mengenai keampuhannya seperti dapat memberikan rasa aman dan wibawa kepada pemegangnya.

    Bahkan Golok Ciomas diyakini juga bisa meredakan suasana hati yang panas, kemarahan, kejengkelan, dan amarah lainnya.

    Salah seorang jawara Banten yang enggan disebutkan namanya mengatakan yang mau menagih utang saja bisa tidak jadi jika si pemilik utang memegang atau menyimpan Golok Ciomas.

    Salah satu keistimewaan Golok Ciomas menurut dia, karena dibuat secara khusus melalui ritual pada bulan Maulud dan ditempa khusus oleh palu godam pusaka peninggalan Kesultanan Banten yang bernama Si Denok.

    Ritual khusus bisa berupa puasa dan pembacaan doa-doa khusus atau tawasulan sebelum golok dibuat. Si pandai besi pun harus terlebih dahulu berziarah ke tokoh-tokoh spriritual dan pendekar Banten.

    Selain itu saat menempa atau membuat golok tersebut juga dibacakan doa-doa khusus.
    Sedangkan bahan yang digunakan juga berupa besi khusus dari Desa Pondok Kahuru dan Bojong Honje serta air yang digunakan untuk merendamnya pun harus berasal dari Ciomas.

    Besi inti atau besi khusus tersebut didapat dari peninggalan jaman Kesultanan Banten yang terkubur di daerah Ciomas.

    Untuk mendapatkan besi inti tidak mudah mesti melalui Riyadhoh yakni melakukan wiridan dan puasa jauh-jauh hari sebelum bulan maulud.

    Sementara bahan campuran untuk membuat Golok Ciomas sebanyak tujuh campuran dan paling sedikit lima campuran. Campurannya pun dirahasiakan oleh pandai besi yang membuatnya.

    Pada tahap awal pembuatan Golok Ciomas harus ditempa satu atau dua kali tempaan oleh Godam Si Denok.

    Bahkan pada awalnya golok dibedakan antara di tempa atau diulas, dilihat dari mahar yang dikeluarkan oleh pemesan.

    Satu tempaan dalam istilah dulu Seganjreng Seringgit, dua ganjreng dua ringgit dan seterusnya, kalau sekarang seganjreng sebesar Rp50.000, dan setiap tempaan disertai bacaan bacaan. Sedangkan untuk diulas hitungannya per ulas maharnya sepersepuluh dari tempaan.

    Kemudian ritual yang harus dilakukan setelah golok berbentuk dengan membacakan doa-doa khusus dalam keadaan suci berwudhu.

    Setelah selesai Golok Ciomas diberi gagang yang dimasukan benda khusus namun tidak ada yang mengetahuinya kecuali hanya si pandai besi.

    Untuk pegangan dan sarangkla terdapat jenisnya gagang jenis jengkol sahulu yang berbentuk bulan, di bagian bawah pegangan seperti sebutir jengkol dengan warna hitam.

    Jenis wawayangan, bentuknya seperti wayang yang identik dan cocok untuk golok yang ukurannya panjang.

    Ada jenis belimbing bentuknya seperti buah belimbing dan jenis jebug sepasi. Bentuknya seperti buah pinang sebelah, jenis mamanukan yang berbentuk burung.

    Kesemuanya itu dibuat dari akar kayu jawar karena mempunyai kekuatan yang bagus sehingga cocok untuk dipakai menjadi pegangan Golok Ciomas.

    Sedangkan sarung golok atau sarangka biasanya dibuat memiliki nama-namanya sendiri seperti sompal, simut meuting, peper.

    Keistimewaannya cincin yang dipasang di sarung golok berjumlah ganjil tidak boleh genap dan terbuat dari tanduk binatang.

    Tidak mudah mendapatkan golok yang terkenal dengan hikmah dan kemasyurannya.
    “Harganya yang bersertifikat itu Rp1 juta ke atas, yang tidak bersertifikat itu harganya di bawah Rp1 juta, itu tetep asli Golok Ciomas, cuma golongannya masuk ke yang golok biasa,” kata salah seorang pewaris serta pembuat Golok Ciomas yang terkenal tajamnya Ki Muhaimin.

    Menurut Muhaimin, setiap bulan maulud, masyarakat Ciomas mulai disibukan berbagai ritual, bahkan dari tanggal satu maulud hingga 12 pembuat serta pemegang Golok Ciomas bertemu di Ciomas.

    Pada tanggal 11 malam palu godam Si Denok dibawa ke tempat pandai besi yang sebelumnya dilakukan tawasul dan tahlil oleh keturunan Ki Cangkuk (pembuat Golok Ciomas pertama kali).

    Keesokan harinya barulah Si Denok digunakan untuk menempa bakalan (golok setengah jadi) sesuai kebutuhan dan bisa dilakukan secra massal.

    "Pada tanggal 12 tepat dikelahiran Nabi Muhammad SAW berkumpulah para pemegang Golok Ciomas dari berbagai daerah untuk melakukan ritual pencucian golok serta kembali dipukul menggunakan Si Denok, " kata dia.

    Untuk para pemegang Golok Ciomas, kata Muhaimin, haruslah berakidah sehingga pemegang golok tidak mudah terkena pantangan seperti riya, ujub, takabur, murtad, musyrik dan sum'ah.

    Sementara itu menurut Ketua Paguyuban Golok Ciomas Oman Solihin, pencucian Golok Ciomas yang dilakukan pada tanggal 12 Rabiul Awal atau pas di kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu bentuk ritual untuk melestarikan budaya serta ajang bertemunya pemilik Golok Ciomas di tempat pembuatannya.

    “Ini merupkan tradisi masyarakat Banten yang mesti dilestarikan dan dijaga, Golok Ciomas yang dikenal mempunyai nilai mistis ini mesti dipegang oleh orang-orang yang berakidah, dan pada tanggal 12 maulud ajang silaturahmi pemegang golok dari seluruh daerah,” katanya.

    Dia juga menjelaskan popularitas Golok Ciomas muncul karena keistimewaannya yang dimuali dari pembuatannya dipenuhi ritual-ritual dan syarat-syarat tertentu.

    “Untuk memesan Golok Ciomas biasanya pembeli harus memesannya terlebih dahulu karena dibuat hanya di bulan maulud saja dan prosesnya selama tiga minggu baru bisa diserah terimakan namun tergantung kesulitannya,” jelasnya.


    Golok Ciomas terkenal karena keseimbangan bentuk, ketajaman dan kehalusan penempaan dan tanpa hiasan huruf – huruf Arab yang biasanya mewarnai senjata tajam keramat.

    Di luar bentuk fisiknya, Golok Ciomas terkenal dengan kekuatan mistis dan racun yang terkandung dalam besi inti.

    Golok ini tidak boleh digunakan keperluan sehari–hari seperti memotong dan menebang tanaman, memotong hewan atau keperluan dapur.

    Sebab diyakini, racun dalam golok akan menyebar dan akan menyebabkan kematian. Bahkan kekuatan mistisnya diyakini dapat menyengsarakan keluarga yang menyalahgunakan golok ini.

    Golok Ciomas sama seperti golok biasanya namun bajanya berkarat tidak layaknya golok baru dibuat yang berwarna silver.

    Terdapat empat jenis Golok Ciomas yang beredar dim asyarakat yakni Candung, Mamancungan, Kembang Kacang, dan Salam Tunggal.

    Candung, golok ini merupakan jenis yang paling banyak ditemukan dan yang paling banyak dibuat.

    Ciri utamanya yakni pada bagian ujung golok melengkung dari arah punggung ke arah perut.

    Pada bagian ujung terlihat lebar dan dibagian tengahnya di bagian lengkungannya ditambahkan gerigi seperti gergaji.

    Mamancung, golok jenis ini seperti pedang panjang namun ukurannya lebih pendek dan lebih gemuk.

    Kembang Kacang, bentuknya terlihat dari lengkungannya namun terlihat gemuk di bagian ujungnya layaknya pisau dapur dengan ukuran besar

    Salam Nunggal, hampir sama dengan Kembang Kacang namun ukurannya lebih panjang dan tidak gemuk di bagian ujungnya lebarnya sama dari pangkal hingga ujung.

    Dari semua jenis tersebut Golok Ciomas terkenal sangat ampuh menaklukan musuh. Bahkan bisa menaklukan musuh tanpa mengeluarkan golok dari sarungnya.

    Kulit yang terluka oleh Golok Ciomas, sedikit saja, akan sukar sekali sembuh. Bahkan kalau disayatkan ke pohon pisang muda, pohon itu akan membusuk dan mati.

    Terdapat legenda mengenai awal mulanya pembuatan Golok Ciomas yang terkenal ini. Alkisah pada zaman Kesultanan Banten dahulu kala terjadi sebuah kehebohan di lingkungan istana karena telah lahir seorang putra sultan namun memiliki sifat aneh yakni tidak henti-hentinya menangis.

    Karena setiap digendong si bayi itu meronta ronta bahkan tangannya bisa mematahkan pundak mereka yang menggendongnya.

    Tidak ada satupun pengasuh yang mampu menenangkan bayi, semua pegasuh yang mencoba mengasuhnya semuanya gagal. Konon sang bayi lahir dari seorang ibu yang bernama Ratu Jin Islam.

    Keraton Kesultanan Banten pun dibuat geger dengan bayi tersebut, berbagai upaya sudah dilkukan namun sia-sia dan muncul ide Sultan Banten dengan membuat sayembara.

    “Barangsiapa yang mampu menenangkan sang bayi, dialah yang berhak menjadi pengasuh” isi sayembaranya.

    Sayembara tersebut menyebar, orang berduyun-duyun datang ke istana, satu persatu mencoba untuk menenangkan si bayi.

    Seiring berjalan waktu belum ada satupun yang berhasil menenangkan sibayi, dan pada akhirnya ada seorang pria yang ingin mencoba menggendong si bayi dapat menenangkannya.

    Orang-orang menyaksikan dengan hati berdebar debar ketika pria itu mulai memegang bayi, terlihat si bayi tidak banyak meronta seperti biasanya, orang pun banyak yang terkesima, semua yang menyaksikan heran dan kagum termasuk sultan pun kagum dibuatnya.

    Sesuai aturannya maka pria itu berhak mengasuh bayi tersebut dan membawanya untuk mengasuhnya, pria itu kemudian membawa ke daerah Ciomas di Kampong Babakan sekitar 38 kilometer ke selatan dari pusat kerajaan.

    Ternyata pria yang mampu memenangkan sayembara tersebut dikenal sebagai Ki Cengkuk. Dia pun mengasuh dan mendidik si bayi tersebut layaknya seorang anak hingga remaja.

    Sampai pada suatu hari teman-teman sebayanya mengetahui bahwa dia tidak dilahirkan di Kampung Babakan, dan Ki Cengkuk bukanlah orang tua aslinya.

    Kemudian dia bertanya mencari tahu bahwa dirinya lahir di Banten dan putera dari seorang Sultan Banten.

    Sejak saat itu, dia lebih banyak diam dan lebih banyak berfikir tentang dirinya dan dia memutuskan dan meminta izin kepada Ki Cengkuk untuk bertemu dengan orang tuanya di Banten.

    Kemudian berangkatlah sang anak tersebut menuju Banten dengan berjalan kaki. Di dalam perjalanan dia sempat bertanya pada seorang pandai besi di daerah Kepandean yang kini berada di pusat Kota Serang.

    Dia meminta untuk diantarkan ke Kesultanan Banten namun karena sibuk, para pandai besi tidak ada yang bersedia mengantarnya.

    Kemudian dia memutuskan untuk tinggal sementara di Kepandean, lalu berkeliling desa untuk melihat bagaimana cara orang menimpa besi.

    Setiap hari para pandai besi bisa membuat 40 buah perkakas seperti golok. Lalu si pemuda tersebut kemudian mencoba membuatnya, alhasil dia dapat membuat 20 buah dalam beberapa saat saja.

    Itu pun dilakukan dengan tidak wajar dalam membuatnya. Karena dia hanya mengusap dengan tangannya dengan alas paha dan dengkulnya untuk membentuk perkakas besi yang dibuatnya.

    Para pandai besi pun kaget melihatnya, mereka heran dan secara otomatis kemudian mereka bersedia mengantarkan si pemuda ke Kesultanan di Banten.

    Singkat cerita si pemuda kemudian sampai di Kesultanan dan bertemu sultan untuk memberitahukan tujuan dan maksud kedatangannya yakni dirinya merupakan anak sultan yang diasuh oleh warga Ciomas.

    Namun sang sultan tidak percaya dengan perkataannya. Kemudian sultan menyuruh si pemuda tersebut untuk mencoba meniup salah satu pohon beringin supaya tumbang, dan alhasil pohon beringin itu tumbang dengan tiupannya.

    Karena masih tidak percaya kemudian sultan menyuruhnya untuk mendirikan kembali pohon beringin tersebut.

    Sang sultan pun dibuat kaget ketika melihat pohon beringin yang sudah berserakan kembali berdiri kokoh dengan izin Allah.

    Dan akhirnya sultan percaya bahwa si anak itu merupakan puteranya. Lalu dia memanggil orangtua yang mengasuhnya di Ciomas yakni Ki Cengkuk.

    Kemudian sultan memberikan sebuah tanda terima kasih yakni berupa benda godam atau palu besar Si Denok untuk digunakan membuat perkakas.

    Sejak itulah godam Si Denok pemberian sultan dipergunakan untuk membuat golok. Namun golok buatan Ki Cengkuk bukanlah golok sembarangan, karena setelah ditempa dengan alakadarnya diusap dengan tangan dan alas lutut.

    Bahkan golok tersebut sangat fleksibel bisa ditekuk sesuai keinginan, bahkan bisa dilipat dan dimasukan ke dalam saku, namun saat digunakan kerasnya luar biasa.

    Mulai saat itulah golok buatan Ki Cengkuk yang dibuat di daerah Ciomas makin terkenal dan yang kini dikenal dengan nama Golok Ciomas.

    Makam Ki Cengkuk berada di Desa Babakan Ciomas dan banyak diziarahi. Dan saat ini palu godam tersebut diberikan kepada keturunannya Ki Cengkuk, yakni Ki Jamaksari yang hanya membuat golok setiap Bulan Maulud di Tanjung Halo Desa Lebak, Ciomas, Kabupaten Serang.


    Sumber : Berbagai Sumber

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Misteri

    Mitos

    Artikel